Rabu, 01 Januari 2014

Monumen Palagan Ambarawa

Pada tahun ini saya tahun baru menuju kawasan magelang dan singgah untuk berkunjung sanak family. Banyak tempat wisata yang terletak di kawasan kampung kami salah satunya yaitu Monumen Palagan Ambarawa Kabupaten Semarang. Saya tepat berada di daerah sumowono yang kira-kira kurang dari 1 jam waktu tempuh saya menuju lokasi tujuan menggunakan sepeda motor. 
Setiba kami disana cukup dengan membayar tiket masuk Rp 5.000,-/org (Desember 2013) dan parkir motor sebesar Rp 2.000,- kami sudah dapat menikmati kenangan sejarah pertempuran Palagan Ambarawa pada tanggal 12-15 Desember 1945.

Monumen Palagan Ambarawa ini adalah salah satu bukti kegigihan bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Tengah dalam mengusir Penjajah. Saat kami tiba disana monumen begitu ramai karena sedang diadakannya lomba Photographer sehingga begitu sulit saya mengambil gambar di tengah-tengah keramaian.

Saat pertama kami masuk pada gerbang utama disediakan Museum Isdiman. Ada beberapa koleksi kenangan masa perjuangan mereka yang dapat kami lihat dengan jelas dan begitu hebatnya masih tersedianya senjata-senjata yang dahulu digunakan sekutu dan jepang, bahkan pakaian-pakaian pejuang PETA masih dapat kami saksikan disana.
Kemudian kami berjalan menuju daerah pusat Monumen Palagan Ambarawa terdapat disisi sebelah museum Isdiman beberapa kendaraan seperti kereta api kuno tahun 1902 buatan Jerman, Truk Dodge buatan Amerika tahun 1941 dengan berat 4 ton, adapula Tank peninggalan penjajah dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya bahas satu persatu.
Begitu Terpikat pandangan saya terhadap Pesawat P.15 Mustang(Cocor Merah). Begitu kokoh dan megah pesawat pemburu ini. Pesawat Pemburu ini memiliki berat 7000kg, dengan panjang 9,81 meter, bentang sayap 11,28 meter, tinggi terbang maksimum 7720 meter, kemampuan jelajah 753 km/jam dengan kemampuan terbang 3185 km.
Tempat wisata sejarah seperti ini bagus untuk menambah wawasan dan baik untuk kita memperkenalkannya lebih luas untuk tetap melestarikan wisata sejarah agar tidah hilang.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates